DESA BELUK KENEK DAN SEJARAHNYA


Oleh : KKN 88 UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA

Beluk kenek adalah sebuah desa yang berada di Kecamatan Ambunten, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Daerah ini terletak bagian timur pulau Madura dengan koordinat 113054’0”LS - 113045’0”BT.

DESA
Negara                   : Indonesia
Kecamatan            : Ambunten
Kabupaten             : Sumenep
Provinsi                  : Jawa Timur
Luas                        : 288 Ha
Jumlah Penduduk : 1573 jiwa (Laki-laki 762, Perempuan 811, dengan jumlah KK577)
Jumlah Dusun        : 3

Keadaan Geografi Beluk Kenek.
Desa Beluk Kenek mempunya luas total 288 Ha dengan ketinggian 0-20 m diatas permukaan air laut, dimana daratannya memiliki kemiringan < 3% sebanyak 233 ha dan berombak dengan kemiringan 3,1-15% sebanyak 20 ha. Desa Beluk Kenek beriklim tropis sehingga memiliki dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau, dengan  angka curah hujan cukup rendah  sebesar 2.481,5 mm pertahun dan kelembapan udara kurang lebih 65% serta suhu udara sekitar 24-320C dengan priode turun hujan terjadi pada bulan November-April dan priode kemarau pada bulan April-November.
Secara administratif Beluk Kenek berada dalam jarak 2 km dari kecamatan Ambunten dan 36 km dari Kota Sumenep,. Beluk Kenek merupakan desa yang berada diantara laut jawa serta beberapa desa lainnya, batas utara laut jawa, batas selatan Desa Keles, batas timur dengan Beluk Raja dan batas barat dengan Campor Timur. Beluk Kenek memiliki tiga wilayah pemerintahan dengan 15 RT(Rukun Tetangga), diantaranya :
1.      Dusun Bulengan terdapat 5 RT.
2.      Dusun Bata Tengah terdiri atas 4 RT
3.  Dusun Congkak merupakan dusun yang paling banyak memiliki jumlah penduduk dibandingkan dusun lainnya sehingga terdapat 6 RT.

Dengan Luas 288 ha terdapat permukiman penduduk, fasilitas umum seperti balai desa, poskes, jalan, TPU, masjid, sekolah, serta terdapat daerah untuk kegiatan pertanian dan kegiatan ekonomi kreatif lainnya. mayoritas penduduk desa Beluk Kenek merupakan petani, sebagian nelayan, pedagang dan selehbihnya bergerak dalam kegiatan ekonomi kreatif lainnya. Jenis tanah Beluk Kenek merupakan jenis Aluvial dimana tanah jenis cocok untuk daerah pertanian, akan tetapi pada musim kemarau, tanah jenis ini kemungkinan besar akan kekurangan air sehingga tidak cocok untuk ditanami tumbuhan yang membutuhkan banyak air seperti padi.

Sisi lain dari Beluk Kenek adalah sejarah desa yang berkembang di masyarakat. Beluk Kenek merupakan nama yang diambil dari sebuah cerita rakyat tentang keberadaan Beluk Kenek yang dalam bahasa Indonesia merupakan belut kecil yang ditemukan di Dusun Congkak oleh seorang utusan dari Kerajaan Mandrapuro Sumenep yang bernama Simulaksono. Dikisahkan dahulu terdapat sebuah sumur lumpur yang terdapat belut-belut kecil yang dalam bahasa Madura adalah beluk (belut ) dan kenek (kecil) sehingga orang-orang menamainya Beluk Kenek. Sumber lain menyebutkan bahwa Beluk Kenek sempat akan dibangun sebuah Istana Mandrapuro akan tetapi karna minimnya sumber mata air akhirnya pembangunan kraton tersebut dibatalkan.

Sepanjang sejarah, terdapat enam kepala desa yang memimpin Desa Beluk Kenek, termasuk Simulaksono yang memimpin Beluk Kenek kurang lebih 30 tahun dan pada saat itu sabda raja adalah perintah sehingga tidak ada pemilihan kepala desa atau aparatur lainnya yang mendukung administrasi desa. Yang kedua adalah Bangli yang juga berkuasa sekitar 20 tahun lebih, yang ketiga adalah Rasat yang juga memiliki sejarah panjang dalam pemerintahan desa beluk kenek, selanjutnya kepala desa dipilih oleh rakyat melalui pemilu diantaranya H Rahma, Tumyadi, Edi Mulyono dan saat ini dipimpin oleh Subahri yang baru menjabat sejak 2017 lalu.

This Is The Oldest Page

9 komentar

Menarik, terimakasih informasinya.

Menarik, terimakasih informasinya.

Masih ada tulisan yg kurang hurufx

Baru tahu kalo di madura ada desa beluk kenek

menarik, tapi fotonya kurang pas. kurang mewakili nama desanya. seandainya foto yg dicantumkan ada papan nama/identitas Desanya pasti TOP.

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.


EmoticonEmoticon