Kegiatan Belajar Mengajar di SDN Beluk Kenek I Ambunten


Profil Sekolah Dasar Negeri Beluk Kenek I Ambunten



            Sekolah Dasar Negeri (SDN) Beluk Kenek I terletak di Jalan Raya Beluk Kenek Nomor 3 Desa Beluk Kenek, Kecamatan Ambunten, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur. Sekolah dasar ini merupakan sekolah yang berada di tepi jalan raya sehingga cukup alternatif untuk dijangkau karena karena berada di jalur lalu lintas yang cukup padat terutama pada jam keberangkatan dan jam pulang anak sekolah dan pegawai.
            SDN Beluk Kenek I ini berdiri pada tahun sekitar 1975. Sebelumnya di Desa Beluk Kenek ini memiliki 2 Sekolah Dasar Negeri, yaitu SDN Beluk Kenek I dan SDN Beluk Kenek II. Namun karena banyaknya anak yang sekolah di MI (Madrasah Ibtidaiyah), maka SDN Beluk Kenek II akhirnya ditutup karena kurangnya peserta didik. Kurangnya peserta didik atau bahkan bisa dibilang tidak adanya peserta didik di SDN Beluk Kenek II ini karena banyak warga yang menginginkan anaknya untuk belajar di madrasah bukan di sekolah dasar umum karena banyaknya materi tentang keagamaan islam yang ada di sekolah madrasah. Sehingga SDN Beluk Kenek II ini akhirnya ditutup.


            SDN Beluk Kenek I saat ini memiliki jumlah murid sebanyak 75 siswa dan siswi. Jumlah pengajar (guru) saat ini masih sebanyak 9 orang dan 1 penjaga sekolah. Dengan jumlah guru yang sangat terbatas tersebut, pihak kepala sekolah menginginkan agar guru tetap kompeten dalam mendidik dan mengajarkan kepada muridnya agar para siswa dan siswi mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan kalau  bisa membuat para siswa bisa juara di ajang perlombaan yang bergengsi.

            Banyak fasilitas-fasilitas atau sarana dan prasaran yang masih kurang memadai di sekolah ini. Misalnya yaitu: tidak adanya tempat parkir sepeda yang memadai, tempat perpusatakaan, ruang guru yang kurang efisien dan lain sebagainya. Kurangnya sarana dan prasarana tersebut karena kurangnya dana untuk  bisa mebangaun dan mengembangkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Sehingga pihak sekoilah menginginkan agar pihak pemerintah bisa lebih banyak lagi dalam memberi bantuan kepada sekolahan.


            Meskipun dengan keterbatasan jumlah guru dan juga kurang memadainya sarana dan prasarana yang ada, banyak siswa dan siswi di SDN Beluk Kenek I ini menorehkan juara. Baik juara di tingkat kecamatan maupun ditingkat kabupaten. Adapaun rincian sebagian prstasi yang pernah diraih yaitu, Juara 2 lomba menyanyi solo tingkat kecamatan, juara 2 tari tradisional tingkat kecamatan, juara 1 Pesta Siaga tingkat kecamatan dan juara harapan 1 lomba menyanyi solo tingkat kabupaten. Untuk kedepannya, pihak sekolah menginginkan agar para siswa tetap bisa menorehkan banyak prestasi agar bisa mengembangkan dan memajukan sekolah ini. 


Proses Belajar Mengajar


            Proses belajar mengajar di SDN Beluk Kenek I tidaklah jauh berbeda dengan sekolah-sekolah dasar yang lainnya.  Dalam kegiatan proses belajar mengajar di SDN Beluk Kenek I, siswa dan siswi harus berangkat sebelum jam 07.00 WIB karena jam 07.00 kegiatan belajar sudah harus dimulai. Selama menjalankan program mengajar di SDN Beluk Kenek I, mahasiswa KKN Universitas Trunojoyo Madura kelompok 88 juga harus berangkat ke sekolah sebelum jam 07.00 WIB.

            Mahasiswa KKN memberikan pembelajaran dengan berbagai model, seperti pemberian materi secara langsung maupun dengan diselingi permainan-permainan (game) agar tercipta suasana kelas yang menyenangkan nanun tetap kondusif. Mahasiswa KKN 88 UTM ini hanya bisa melakukan program pendidikan di SDN Beluk Kenek I selama 3 hari dalam seminggu, yaitu hari Senin, Selasa dan Rabu. Selain belajar mengajar di kelas, mahasiswa juga melatih baris-berbaris kepada anak-anak untuk persiapan agustusan.
           


EmoticonEmoticon